IMG-20160501-WA0105
Mas Priyanto (duduk, dua dari kanan), Mas Didik (duduk, paling kiri), beserta Peserta Sharing Knowledge IKATEKSI UNDIP

SwaraSenayan.com. Acara Sharing Knowledge IKATEKSI yang diselenggarakan pada Sabtu (30/4/2016) juga dihadiri oleh Wakil Rektor 1 dan 3 Universitas Diponegoro (UNDIP). Mewakili alamater, wakil rektor di depan alumni teknik sipil Undip menyampaikan perlunya sinergi antara kampus dengan alumni.

“Alumni yang punya penelitian dan keahlian khusus yang bagus akan didanai penelitiannya dan diikutsertakan dalam program doktor, sehingga akreditasi Undip akan naik,” tutur Muhammad Zainuri selaku Waki Rektor I Undip dalam sambutannya sebelum acara diskusi berlangsung.

Sementara, dalam sambutan Wakil Rektor III, menekankan potensi bisnis yang bisa dibangun antara kampus dengan alumni. Pengembangan sinergi potensi bisnis dengan IKATEKSI dalam pembangunan kampus dan pemanfaatan aset-aset yang dimiliki oleh Undip harus bisa dimaksimalkan dan didayagunakan.

“Membentuk badan hukum bisnis (holding) dengan IKATEKSI sebagai bagian di dalamnya,” kata Budi Setiyanto Wakil Rektor III Undip.

Kedua pejabat kampus ini sangat memberikan apresiasi terhadap acara Sharing Knowledge yang diadakan oleh IKATEKSI ini. Selain sebagai ajang silaturahmi, acara ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan produk antar sesama alumni dan saling sharing serta tukar informasi.

Acara ini awalnya digagas setelah sukses menggelar reuni alumni Teknik Sipil UNDIP di Ancol belum lama ini yang sangat fenomenal, karena dihadiri oleh ribuan alumni serta dihadiri oleh Menteri PUPR dan Menristekdikti.

“Ini merupakan momentum yang tepat karena merupakan reuni terbanyak kehadiran pesertanya, karena para alumni terdorong rasa kangen untuk bertemu sesama alumni dikarenakan selama ini tidak pernah ada ajang reuni,” ujar Ir. Biakto P Adi Putranto selaku Ketua IKATEKSI UNDIP DPD DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Diakui Mas Didik, sukses reuni karena pengumpulan jumlah peserta yang meluap ini terbantu karena adanya medsos seperti grup WA, FaceBook, Line, Twitter, dan lain-lain.

Untuk menampung antusias alumni bersilaturahmi, yang saat ini sudah terdaftar sekitar 1.800 anggota se Jakarta, Banten dan Jawa Barat, maka pengelolaan organisasi harus efektif dan berdaya guna bagi keluarga alumni. Untuk itu, Mas Didik mencanangkan program sebagai berikut:

  1. Bidang Alumni, dengan membentuk networking antar alumni.
  2. Bidang Almamater, dengan membuat sumbangsih berupa “alumni mengajar”. Back to Campus.
  3. Bidang Kemasyarakatan, dengan menjembatani Korporat dan BUMN yang akan menggelontorkan dana CSR ke masyarakat sekitar.
  4. Bidang BUMN dan Pemerintah, dengan cara mengadakan sosialisasi tentang program-program pemerintah.

Sedangkan, menurut Ketua DPP IKATEKSI UNDIP Ir. MR. Priyanto, MM, saat ini sudah terjaring lebih dari 5.000 anggota IKATEKSI UNDIP di seluruh Indonesia, yang berkiprah di segala bidang. “Kualitas lulusan Teknik Sipil UNDIP memang bermutu, baik dari segi keilmuan maupun etos kerja dan keguyubannya,” tuturnya.

IKATEKSI yang berdiri sejak tahun 2014 ini memiliki program sebagai berikut:

  1. Mengadakan reuni yang diikuti oleh angkata 1972 hingga 2011.
  2. Mengembangkan ilmu tentang teknik sipil, baik bagi diri sendiri, maupun anggota dan almamater, serta masyarakat.
  3. Mengembangkan sumbangsih ke almamater, yang akan dikombinasikan dengan riset untuk dosen dan mahasiswa.
  4. Terjalin jaringan bisnis antar alumni, dimana penemu memasarkan bisnis temuannya, pemasar pun memasarkan bisnisnya. Namun tidak hanya dalam lingkup keluarga teknik sipil, melainkan juga lingkup keseluruhan alumni dan masyarakat luas. ■dam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here