IKAFH UNDIP Selenggarakan Pembekalan Calon Hakim

Ayo Berbagi!

SwaraSenayan.com. Tingginya harapan masyarakat terhadap pengadilan menuntut hakim lebih profesional dan berintegritas. Karena di tangan hakim lah, rasa keadilan di masyarakat dapat dirasakan. Hakim harus mengutamakan moral dan ahklak yang baik, dengan tetap menjunjung tinggi keadilan.

Hal tersebut disampaikan Kresno Buntoro SH., LLM., Ph.D selaku Sekjen DPP Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (IKAFH UNDIP) dalam pidato pembukaan acara yang bertajuk “Pembekalan Calon Hakim Alumni FH Undip dan Silaturahmi IKFH Undip di Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Acara yang berlangsung sangat kekeluargaan tersebut memberikan pembekalan kepada calon hakim (Cakim) Alumni FH Undip yang dihadiri sekitar 78 Cakim.

Pembekalan ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Sekretaris MA, Kepala Badan Pengawas MA, Kepala Panitera MA.

“Profesi hakim adalah profesi yang terhormat sehingga dibutuhkan sosok hakim yang jujur, sederhana dan memegang teguh professionalisme dengan mengedepankan etika, norma dan moral yang baik,” ujar Kresno Buntoro.

Menurutnya, banyak tantangan pada saat ini yang harus dihadapi oleh hakim muda. Para Cakim akan ditempatkan di berbagai daerah di seluruh Indonesia setelah diberikan pembekalan dan ilmu yang cukup.

“Diharapkan sebagai Cakim harus selalu meningkatkan kemampuan pribadi dengan selalu belajar, diantaranya dengan aktif melakukan diskusi dengan sesama Hakim,” seru Buntoro.

Untuk memfasilitasi Cakim, IKAFH Undip dalam melakukan diskusi, maka kegiatan pembekalan ini dilanjutkan dengan tanya jawab dan sharing pengalaman dengan para pejabat MA, Dekan FH Undip dan Wakil Ketua PN Jakpus.

Pembekalan diakhiri dengan petuah Ketua Umum Ika-FH, Prof, Arief Hidayat yang juga sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam wejangannya, Prof. Arief menyampaikan bahwa Hakim harus selalu sederhana dan menjaga moral, etika serta selalu meningkatkan profesionalisme.

“Cakim Alumni FH Undip harus selalu bisa menjaga almamater dan mencontoh para senior yang telah mampu menduduki posisi tinggi di MA, selalu membuka komunikasi dan belajar pada para Hakim senior khususnya yang berasal dari FH Undip,” anjurnya Prof. Arief Hidayat. *dam

Ayo Berbagi!