Mahasiswa Betawi Harus Bisa Hadapi Tantangan Zaman

Ayo Berbagi!
Erwin H. Al Jakartaty ditengah Peserta OKB-FKMB
Erwin H. Al Jakartaty ditengah Peserta OKB-FKMB

SwaraSenayan.com. Dinamika perkembangan sosial-politik di ibukota Jakarta kian menghangat jelang pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Problematika pembangunan kota terbesar di Indonesia ini pun semakin tidak ringan kedepannya. Mengingat, Jakarta sebagai pusat pemerintahan negara Republik Indonesia, banyak kepentingan menyangkut persoalan ibukota, baik yang bersifat lokal, nasional bahkan internasional.

Disinilah, Jakarta memerlukan pemimpin yang mampu mengatasi persoalan tidak dengan emosional dan temperamental saja, namun mampu mengayomi berbagai kepentingan yang ada, dengan arif bijaksana terutama perhatian untuk masyarakat inti kota yakni kaum Betawi. Era seorang Gubernur Jakarta yang memusuhi Bamus Betawi cukup sampai disini saja.

Demikian disampaikan tokoh pemuda Betawi, Erwin H. Al Jakartaty sebagai salah seorang narasumber dalam kegiatan “Orientasi Kepemimpinan dan Budaya (OKB)” yang di selenggarakan oleh Pengurus Pusat Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi (PP FKMB) di Villa Artika, Pengasinan Sawangan, Depok 7-9 Oktober 2016.

Lebih lanjut, Erwin yang juga sebagai Kordinator Majelis Kajian Jakarta (MKJ) ini menegaskan pula bahwa sebagai organisasi kemahasiswaan, FKMB harus didesain untuk mampu menjawab tantangan zaman karena mahasiswa Betawi merupakan kader utama yang berbasiskan intelektualitas sebagai penerus perjuangan masyarakat Betawi dalam memposisikan diri ditengah modernisasi Jakarta sebagai kampung halamannya.

“Mahasiswa Betawi khususnya FKMB sebagai kader muda Betawi harus mampu menghadapi tantangan zaman diberbagai bidang, khususnya dalam perjuangan politik agar Betawi benar-benar menjadi tuan di rumah sendiri dan menjaga heterogenitas ibukota Jakarta yang tetap menghargai kebudayaan aslinya ditengah arus modernisasi”, demikian poin paparan Erwin.

Sementara itu, menurut Asnawi, Ketua Umum PP FKMB, acara OKB sendiri merupakan kegiatan kaderisasi bagi anggota baru organisasi kemahasiswaan berbasis budaya Betawi tersebut yang diselenggarakan setiap tahun. FKMB sendiri menginjak usia ke-16 tahun saat ini, sejak berdiri tahun 2000.

“Kami mengundang bang Erwin H Al Jakartaty sebagai salah seorang Narasumber acara OKB ini mengingat kapasitas beliau adalah salah satu senior pendiri FKMB,” ujar Asnawi. *MTQ

Ayo Berbagi!