Gandeng Komunitas Film, Arwan Aras Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Mamuju

oleh -7 Dilihat
oleh
banner 468x60

SwaraSenayan.com – Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Barat, H. Arwan M. Aras T, S.Kom menggelar kegiatan Sosialisasi Pilar-Pilar Kebangsaan yang melibatkan komunitas film Pitu Cinema yang ada di Sulawesi Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada Kamis (22/12/2022) yang dihadiri ratusan peserta dari Komunitas Film Pitu Cinema.

banner 336x280

Dalam sambutannya, Arwan Aras mengatakan, secara eksternal tantangan kebangsaan yang dihadapi oleh bangsa indonesia adalah pengaruh globalisasi.

Sementara tantangan kebangasaan yang bersifat internal, lanjut Arwan secara terinci, adalah masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit, pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpin dan tokoh bangsa serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal.

Olehnya itu, masih Arwan Aras, dari gambaran tantangan kebangsaan yang dihadapi saat ini wajib dilaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada generasi muda khususnya kalangan mahasiswa dan organisasi kepemudaan sebagai sakala prioritas objek sosialisasi.

Menurutnya, Pemuda adalah estafet generasi penerus bangsa indonesia yang harus dijaga dan dikuatkan rasa nasionalismenya.

Selain itu, kata Arwan, generasi muda juga di pandang sebagai kelompok rentan akan pengaruh globalisasi terutama di era digital sebagaimana yang tengah berlangsung saat ini yang perubahannya begitu massif.

“Sengaja kami menggandeng satu organisasi film sebagai pelaksana sekaligus melibatkan orang-orang yang bergelut dalam dunia perfilman sebagai narasumber. Hal ini dimaksudkan agar metodologi dalam proses pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan tidak monoton, tapi menjangkau banyak segmen profesi dan hobi yang ada di masyarakat,” jelas Politikus PDI Perjuangan ini.

Ia juga menambahkan, Film adalah salah satu media terbaik dalam melakukan propaganda sekaligus menjadi sangat efektif jika digunakan sebagai alat penyadaran sosial.

“Pesan-pesan moral yang dituangkan melalui film akan lebih mudah dan nyaman diterima publik khususnya generasi muda yang tergolong memiliki cara berfikir yang masih labil sehingga, diharapkan kedepan proses sosialisasi empat pilar kebangsaan dapat menggunakan media film sebagai salah satu metode atau senjata” pungkas Arwan Aras. *Ndi

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.