AHY Fokus Terhadap Keselamatan Nyawa Rakyat, Thonti: Ini Pemimpin Muda Visioner  

oleh -6 Dilihat
oleh
banner 468x60

SwaraSenayan.com. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dianggap sebagai ketum partai paling visioner dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih di berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut H. Bahauddin Thonti, salah satu Pemrakarsa berdirinya Partai Demokrat, AHY adalah ketum partai pertama dan satu-satunya yang menyerukan kepada pemerintah agar mengutamakan keselamatan dan nyawa rakyat ketimbang masalah lainnya dalam menangani pandemi ini.

banner 336x280

“Beliau (AHY) adalah ketum pertama dan satu-satunya yang menyerukan agar keselamatan rakyat jadi fokus utama. Beliau terus bersuara dan bergerak membantu rakyat dalam menghadapi pandemi. Ini sangat visioner dan nampak jelas kepeduliannya terhadap keselamatan nyawa rakyat Indonesia,” kata Thonti saat diwawancarai SwaraSenayan, Jum’at (23/7/2021).

Sikap AHY ini menurut Thonti menggambarkan sifat nasionalisme dan sifat kemanusiaannya sebagaimana yang dia pelajari dan hayati atas nilai Pancasila sebagai pondasi berbangsa dan bernegara di Tanah Air ini.

Thonti juga menilai, komitmen AHY dalam mengedepankan keselamatan rakyat terhadap kebijakan publik yang harus diambil pemerintah perlu mendapat dukungan dan apresiasi. Hal ini, menurutnya, mencerminkan keberpihakan AHY terhadap rakyat yang terdampak langsung oleh pandemi.

Bahauddin Thonti juga menyoroti ketua umum partai lain yang kurang bersuara dalam mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan terkait Covid-19. Padahal, menurutnya, partai politik lain, terutama pendukung pemerintah sangat ditunggu-tunggu suaranya untuk menyelamatkan rakyat dari ancaman Covid-19.

“Akibatnya, kebijakan pemerintah kurang memberikan perhatian penuh terhadap keselamatan rakyat sehingga kebijakan publik oleh pemerintah semakin kacau balau dalam penanganan Covid-19,” lanjutnya.

Menurutnya, politik anggaran yang berpihak pada kepentingan rakyat di tengah pandemi juga kurang dirasakan rakyat, akibatnya pemerintah malah sibuk mencari istilah lain untuk mengelak dari tanggung jawabnya dalam memberi makan rakyat ketika diterapkan karantina wilayah sesuai amanat undang-undang.

Sebagai pemimpin muda, kata Bahauddin Thonti selaku politisi senior dari tanah Bugis, AHY telah menunjukkan komitmennya untuk selalu membela rakyat. Dirinya pun mendukung AHY untuk terus bersuara demi keselamatan dan kepentingan rakyat.

“AHY sebagai pemimpin muda sangat visioner dalam mengedepankan kepentingan dan keselamatan rakyat, hak publik menjadi dasar komitmennya dalam berkoalisi dengan rakyat,” kata Thonti.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sejak Maret 2020 tahun lalu sudah bersuara dan memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan menghadapi pandemi Covid-19.

Salah satu masukan dari putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu yakni pemerintah memberlakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi Covid-19 sampai situasi dianggap aman untuk dibuka kembali.

AHY saat itu menyadari bahwa kebijakan lockdown akan berdampak pada perekonomian nasional. Namun, menurutnya, keselamatan rakyat dari pandemi Covid-19 harus manjadi fokus utama pemerintah. *mtq

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.