Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Alat Pemersatu Bangsa

oleh -8 Dilihat
oleh
banner 468x60

SwaraSenayan.com. Transformasi digital bisa dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa, karena pemanfaatan teknologi digital bisa digunakan untuk menyebar luaskan informasi yang memupuk semangat dan solidaritas nasional sebagai sebuah bangsa yang besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur IKPMK Kemkominfo RI, Drs. Wiryanta, MA., Ph.D sebagai pembuka pemaparannya pada acara Webinar Forum Diskusi Publik yang digelar oleh Ditjen IKP Kominfo yang bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Alat Pemersatu Bangsa”  yang dilakukan secara live melalui Zoom Cloud Meeting dan live channel Youtube Ditjen IKP Kominfo di Jakarta, Kamis (19/08/2021).

banner 336x280

“Dalam menggunakan internet kita harus bertabayun terlebih dahulu dalam memilih, memilah, dan menyaring informasi yang akan kita sebarkan. Jika informasi tersebut benar, namun tidak layak sebaiknya tidak usah kita teruskan. Inilah yang disebut pemanfaatan teknologi digital sebagai alat pemersatu bangsa,” ungkapnya.

Wiryanta juga menyeru untuk generasi milenial untuk turut aktif menggunakan ruang digital sebagai media yang menyatukan semangat persatuan dan kesatuan bukan sebaliknya untuk memecah belah bangsa dengan turut serta mengirim berita hoax.

Paparan kedua disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRK Banda Aceh, Aiyub Bukhari, S.Pd, ia menyampaikan bahwa kemajuan teknologi dapat membentuk budaya-budaya baru seperti budaya media, budaya informasi atau budaya virtual.

“Kemajuan teknologi informasi juga bisa menjadi alat untuk memecah belah bangsa jika digunakan untuk menebar kebencian dan menyebar berita bohong (Hoax),” ujar Aiyub.

Sementara itu, paparan terakhir disampaikan oleh H. Teuku Riefky Harsya, MT selaku Anggota Komisi I DPR RI yang dalam closing statementnya ia sangat meyakini bahwa penggunaan teknologi dimasa saat ini sangat penting. Apalagi jika itu kita gunakan untuk hal yang positif, maka akan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa yang besar.

“Pada masa pandemi ini, kita dapat melakukan aktivitas di ruang digital untuk melestarikan dan mempertahankan budaya bangsa, serta memajukan negara. Teknologi digital harus kita gunakan untuk memperkuat persatuan,” tutupnya. *SEP

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.