Helmi, Peneliti Muda Asal Sidrap Pada Seminar International Communities, Conservation and Livelihoods di Kanada

Ayo Berbagi!

SwaraSenayan.comCommunities, Conservation & Livelihoods adalah Konferensi Internasional, yang diselenggarakan oleh Community Conservation Network (CCRN) dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan dilaksanakan di Halifax, Nova Scotia, Kanada.

Pertemuan ini berlangsung dari tanggal 27-30 Mei 2018 dan menjadi kesempatan yang unik bagi semua peserta menyoroti perkembangan masyarakat lokal di seluruh dunia, bagaimana mereka terlibat dalam pelestarian lingkungan mendukung mata pencaharian berkelanjutan, dan bagaimana mereka dapat didukung dalam kebijakan dan program-program praktis.

Pada kesempatan ini Helmi Ayuradi Miharja seorang peneliti muda dari Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia yang mendapat kesempatan mempresentasikan hasil risetnya terkait Spirit Siri’ dan Penerapan Nilai-Nilai Budaya Perantau Bugis terhadap proses akumulasi lahan di Tarakan, Kalimantan Utara Indonesia. Menurutnya kegiatan ini penting karena dapat mempromosikan nilai-nilai lokal menjadi wacana global.

“Saya termotivasi mengikuti kegiatan ini karena ingin mengangkat nilai-nilai lokal ke level global,” kata Helmi dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke redaksi swarasenayan.com (Rabu, 30/5/2018).

Konferensi ini dihadiri oleh lebih 400 orang dari 50 negara, kegiatan ini juga melibatkan  masyarakat adat, perguruan tinggi, pemerintah, dan  LSM, untuk menghasilkan pelajaran relevansi dari kehidupan lokal ke global, untuk membangun kemitraan, dan untuk membentuk hubungan masa depan Communities, Conservation & Livelihoods.

Konferensi international ini juga menghadirkan pembicara terkemuka, termasuk Fikret Berkes dan Anthoni Charles (seorang peneliti terkemuka dunia di Kanada). Tema yang banyak dibahas pada pertemuan ini adalah issu tentang suara masyarakat lokal, kajian lingkungan dan ekonomi, serta isu-isu konservasi dan mata pencaharian utama di seluruh dunia. Konferensi ini juga diisi dengan pertunjukan film, pameran foto, dan pertunjukan karya seni.

“Manfaat yang saya peroleh mengikuti kegiatan ini meningkatkan wawasan tentang community, conservation & livelihood, membuka jejaring di tingkat international, dari segi substanti keikut sertaan saya dalam seminar ini untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan Indonesia dan peningkatan kesejahtraan masyarakat,” pungkas Helmi yang merupakan lulusan Pasca Sarjana IPB Jurusan Sosiologi Desa ini.

Pada kegiatan ini turut hadir Rektor IPB Dr. Arif Satria yang menjadi salah satu chair dalam konferensi international ini. Selain Helmi,  hadir juga Humayra Secelia Muswar (IPB), Dedi S Adhuri (LIPI) dan Ali Yansyah Abdurrahim (LIPI). *AND

Ayo Berbagi!