Dukung Pariwisata Sulbar, Arwan Aras Ajak Peserta Bimtek Polman Dukung Hastag Ayokesulbar

oleh -5 Dilihat
oleh
banner 468x60

SwaraSenayan.com – Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulawesi Barat H. Arwan M. Aras T, S.Kom bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diwakili oleh Direktorat Event Daerah mengadakan kegiatan Bimtek Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Event Daerah di salah satu hotel di Kabupaten Polewali Mandar pada Selasa (26/07/2022).

Turut menjadi narasumber dalam acara ini yaitu Andi Arafat, S.Hut., M.Hut (Akademisi Unsulbar sekaligus Praktisi pariwisata Sulawesi Barat, yang konsen pada pengembangan ekowisata di Sulbar).

banner 336x280

Dalam sambutannya Anggota DPR RI Dapil Sulbar, Arwan Aras menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan geliat event-event pariwisata di tingkat lokal.

“Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat untuk memunculkan event-event daerah yang berkualitas dari Sulbar, yang akan berdampak pada meningkatkatkan nilai tambah pariwisata Sulawesi Barat. Juga untuk menggerakkan roda ekonomi, serta menciptakan lapangan kerja baru dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucap Arwan Aras.

Menjadi narasumber dalam acara ini yaitu Andi Arafat, S.Hut., M.Hut (Akademisi Unsulbar sekaligus Praktisi pariwisata Sulawesi Barat, yang konsen pada pengembangan ekowisata di Sulbar).

Inisiatif melaksanakan Bimtek Event Daerah ini untuk mendorong tumbuhnya pariwisata Sulawesi Barat melalui pelaksanaan event-event daerah berkualitas. Event-event daerah tersebut akan diseleksi menjadi event nasional melalui program yang disebut Kharisma Event Nusantara (KEN). Event Daerah yang lulus seleksi akan masuk dalam kalender pariwisata nasional.

“Pada tahun ini, ada 2 (dua) event daerah Sulbar yang tembus KEN 2022, yaitu Festival Kota Tua Majene dan Manakarra Fair. Tentu setelah pelaksanaan kegiatan ini kita semua berharap akan bermunculan banyak event daerah dari Sulbar yang memenuhi syarat menjadi kegiatan KEN di tahun-tahun yang akan datang, terutama dari Kabupaten Polman ini. Seperti misalnya Festival Sungai Mandar. Saya kira event seperti itu layak menjadi salah satu kegiatan daerah yang menembus skala nasional,” terang Arwan Aras.

Arwan Aras juga mengajak peserta bimtek untuk mendukung pariwisata Sulbar dengan ikut bersama-sama pada gerakan kampanye priwisata ayo ke Sulbar.

“Jika Kemenparekraf di tingkat nasional gencar dengan kampanye tagar (#)diindonesiaaja atau tagar (#)desawisata, maka saya mengajak kepada semua hadirin mari kita di Sulawesi Barat galakkan gerakan kampanye tagar (#)ayokesulbar, dimulai dari Kabupaten Polman ini,” ajak Arwan Aras.

Rosalin Petrina K yang merupakan Perwakilan Direktorat Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi usulan Anggota Komisi X DPR RI, Bapak Arwan Aras untuk melaksanakan Bimtek Event Daerah di Polewali Mandar.

“Apresiasi saya ucapkan kepada Bapak H. Arwan M. Aras T dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata atas perhatiannya untuk terus berupaya memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Barat, khususnya Kabupaten Polewali Mandar, salah satunya melalui penyelenggaraan event,” ungkap Rosalin Petrina K.

Penyelenggaraan event merupakan langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mempromosikan kekayaan tradisi, seni, budaya, sumber daya alam yang dimiliki suatu daerah, sekaligus untuk mempromosikan destinasi wisatanya. Untuk itu, Kemenparekraf yang bermitra dengan Komisi X DPR RI ingin menyapa secara langsung para penggiat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah, memberikan edukasi, serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Program Bimbingan Teknis.

Yang menarik perhatian peserta pada acara ini adalah masing-masing pembicara saling melempar pantun dalam sambutannya.

Sidrayani, SS, MM selaku Kepala Bidang Promosi Pariwisata dari Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Polman dalam sambutannya memberikan pantun, “Ikan cakalang dimasak pandan, Mengundang selera untuk dicicipi, Peserta Bimtek tetaplah senyum dan sabar, Mengikuti materi hingga selesai,” kata Sidrayani.

Rosalin Petrina K membacakan pantun, “Menikmati Pantai Palippis sambal mencicipi Kue Apang, Ditemani alunan musik lagu-lagu lama, Mari sambut prospek industri event kita yang benderang, Dengan semangat berkarya dan senantiasa bekerjasama,” ucap Rosalin Petrina K.
Arwan Aras juga tidak ketinggalan, setelah membuka acara Bimtek tersebut secara resmi, dirinya juga membacakan pantun, “Berlayar hingga Polewali Mandar, Jangan lupa ikan bakar, Ayo dukung pariwisata Sulbar, Kampanyekan hastag #ayokesulbar,” kata Arwan Aras. *Ndi

 

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.